TRANSFER VISI

16 June 2023

Menurut KBBI visi merupakan kemampuan untuk melihat inti persoalan, pandangan atau wawasan kedepan dan kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan. Visi berperan penting dalam kehidupan kita karena hidup tanpa visi bagaikan hidup tanpa arah. Visi membuat kita memahami tujuan kita dan alasan kita mengerjakan sesuatu. Ketika kita memahami tujuan kita, maka kita akan dapat menentukan prioritas dan fokus hidup kita. Dengan adanya visi, kita memiliki gairah dan komitmen dari dalam diri kita untuk mengerjakan hal tersebut.

UKM KMK USU juga hadir bukan tanpa visi, wadah ini hadir sebagai manifestasi Amanat Agung Allah yang tertulis dalam Matius 28 : 19-20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” kepada mahasiswa USU sebagai bagian dari objek Kasih-Nya. Memandang keberadaan mahasiswa USU yang berada dalam kegelapan dan menuju kebinasaan sehingga mereka membutuhkan Kristus Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadinya dan siap diutus sebagai alumni yang berkualitas, menjadi garam dan terang adalah visi dari UKM KMK USU yang terus dikerjakan melalui misi penginjilan, misi pembinaan, misi pelipatgandaan dan misi pengutusan. Keempat hal ini biasa disebutkan sebagai misi UKM KMK USU.

Pemberitaan kabar baik kepada mahasiswa USU menjadi hal yang sangat penting untuk dikerjakan sebagai bagian dari pencapaian visi, orang-orang yang telah menerima Yesus Kristus akan dibina didalam kelompok pembinaan yang disebut Kelompok kecil dan Kelompok Kecil inilah yang menjadi ujung tombak dari pelayanan UKM KMK USU. Mengapa demikian? karena visi penginjilan, pemuridan, pelipatgandaan dan pengutusan terjadi di dalam Kelompok Kecil. Kelompok kecil diharapkan tidak hanya menjadi tempat untuk sekadar menjalankan pertemuan secara kuantitas, berkumpul untuk makan bareng, nontong bareng dan have fun saja, tidak ada yang salah dengan hal itu namun hal yang esensi dalam kelompok kecil adalah transfer visi, sehingga terjadi multiplikasi orang-orang yang terus mengerjakan visi Allah di kampus USU, dalam hal ini adalah murid yang memuridkan. Anggota Kelompok Kecil mendapatkan visi untuk menjadi Pemimpin Kelompok Kecil (pembuat murid). Transfer visi yang baik akan terus dilakukan disepanjang proses pemuridan didalam Kelompok Kecil.

Kita sebagai orang yang telah mengenal Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi kita harusnya terpanggil untuk melakukan visi besar tersebut di ladang kita kampus USU. Namun, proses perjalanan untuk mewujudkan visi ini mungkin terlihat sangat panjang dengan berbagai dinamika yang terjadi didalamnya. Hal ini tentunya berdampak pada proses pengerjaan transfer visi UKM KMK USU. Kondisi yang tidak ideal atau tidak baik membuat kita  memiliki banyak alasan untuk tidak mengerjakan transfer visi. Kuantitas mendahuli kualitas, pertemuan yang intens akan membuat kita sebagai seorang Pemimpin Kelompok Kecil sering membagikan visi itu kepada adik-adik yang kita gembalakan. Bukan hanya dibagikan, tetapi mendoakan tiap-tiap orang yang kita gembalakan dengan serius adalah satu langkah yang penting sebagai bagaian dari transfer visi.

Sejalan dengan arahan dari UKM KMK USU 2023 yaitu, "Kelompok Kecil yang Dinamis", baiklah kita dapat bergerak dengan penuh semangat untuk menghidupi visi pemuridan terus menerus dalam masa dan kondisi yang baik bahkan yang tidak baik sekalipun sebab kita tahu Allah kita adalah Allah yang terus menyertai.

Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.”

1 Korintus 15 : 58

Oleh: Nurmala Nababan (Psikologi 2020), Monika Aprilia Simanjuntak (FH 2018), Anita Milenia Purba (FEB 2019)

BAGIKAN

TERHUBUNG DENGAN KAMI

ALAMAT SEKRETARIAT

Jl. Marakas No.5, Titi Rantai, Kota Medan, Sumatera Utara, 20157


© UKM KMK USU - All Rights Reserved