Manajemen Diri

8 October 2021

“Anda mungkin menunda, namun waktu tidak.” – Benjamin Franklin

Halo semuanya! Namaku Laura. Aku merupakan mahasiswa aktif yang sekarang di semester tiga. Perjalanan masih panjang dan akan terus berlanjut. Aku senang sekali berbagi cerita dengan siapa pun dan mendengar orang lain bercerita aku juga senang hehehe. Kali ini aku ingin berbagi cerita untuk kita semua. Bagaimana sih memanajemen diri yang baik dan agar semua bisa berjalan dengan semestinya? Let's scroll

Setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya. Kata ini sudah tidak asing lagi. Karena kita adalah manusia yang seiring waktu akan berkembang dan memiliki banyak sekali aktivitas sehingga dituntut untuk tetap menjadi pribadi yang profesionalitas.

Manajemen diri merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengelola dirinya sesuai dengan misi dan tujuan hidupnya. Tidak hanya orang tua, remaja, anak-anak. Semua orang mengalami kendala dalam memanajemen dirinya. Beberapa di antara mereka biasanya sering mengulur waktu dari waktu ke waktu sehingga akhirnya waktu itu terbuang sia-sia. Memanajemen diri sangat erat kaitannya dengan waktu.

Saya sering kali mendengar istilah “Time is money”. Betapa berharganya waktu itu sehingga disebut juga sebagai uang. sebagai seorang mahasiswa saya memiliki waktu yang padat yaitu membagi antara aktivitas di rumah, aktivitas di kampus, dan mengikuti UKM di kampus. Tapi hal ini bukan merupakan alasan untuk tidak melakukan hal lain lagi.  Pembagian waktu yang saya lakukan tidak semudah saya mengerjakannya. Kadang kala karena padatnya jadwal saya bingung harus melakukan yang mana terlebih dahulu.

Biasanya pada akhir Minggu saya sudah memikirkan apa yang akan saya kerjakan untuk satu minggu ini. Saya punya tips untuk kita semua yang membaca artikel ini adalah hal yang paling baik adalah membuat list rencana-rencana agar memudahkan kita melakukan segala sesuatunya dengan efektif. Jadi keesokan harinya untuk memulai Minggu adalah kita tinggal melihat rencana apa yang akan dikerjakan.  Bukan hal yang mudah memang tetapi dengan semangat dan optimis untuk menjalani hari-hari akan membuat kita merasa lebih baik lagi dalam memanajemen diri kita sehingga tidak ada yang sia-sia di dalam hidup kita.

Mari kita pikirkan sudah berapa waktu yang kita buang dengan berleha-leha?  Jika pada waktu itu kita produktif, pasti sudah banyak hal-hal besar yang kita dapatkan, pada akhirnya kita hanya bisa berkata “Andai saja…”. Tetapi Tuhan sama sekali tidak menginginkan kita untuk berkata seperti itu karena kesempatan itu selalu ada untuk kita. Pernah suatu saat saya duduk termenung menatap langit dan tiba-tiba saya berpikir. Apa yang bisa saya lakukan untuk mengisi waktu yang kosong ini agar bisa bermanfaat bagi saya dan juga bermanfaat bagi orang banyak karena hidup bukanlah hanya tentang diri sendiri melainkan orang banyak.

Sebagai makhluk sosial kita juga harus bisa menempatkan diri dalam keadaan apapun. Saya sering melihat banyak orang yang memiliki banyak circle pertemanan tetapi bisa menempatkan dirinya dimana pun dia berada. Pembagian waktu dalam berkumpul bersama teman ini adalah salah satu hal yang sangat penting.

Ada ayat Alkitab yang bisa kita pegang dalam memanajemen diri kita yaitu : Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. – Efesus 2:10

Banyaklah kegiatan-kegiatan yang sebaiknya kita lakukan kita serahkan ke dalam tangan Tuhan dan biarkan Tuhan bekerja atas apa yang kita lakukan. Kelemahan kita dalam memanajemen diri merupakan salah satu dari banyak kelemahan yang kita punya. Tetapi Tuhan tetap memberikan waktu kita untuk hal-hal yang positif yang akan kita lakukan dan Dia ingin kita tidak lupa untuk tetap berkomunikasi dengan Tuhan dalam kondisi yang padat sekalipun.

Dari artikel ini kita dapat belajar bahwa kita memang harus mengesampingkan sifat-sifat negatif kita dan membiarkan sifat positif untuk menguasai diri kita. Memberikan diri kita spasi untuk tetap dalam jalannya. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan selain kita sudah memiliki niat dan menyerahkannya di dalam tangan Tuhan dan meminta Tuhan untuk turut campur tangan. Tetap semangat untuk menjalani hari-hari dan jangan pernah merasa sendiri karena dalam setiap waktu Tuhan selalu ada di samping kita untuk menguatkan dan juga menjaga kita. Karena sedetik pun Tuhan tidak pernah membiarkanmu oleh karena itu juga sedetik waktu pun harus kamu pergunakan dengan sebaik mungkin karena hidup adalah hal paling berharga yang diberikan Tuhan agar kita bisa menjadi Garam dan Terang Dunia.

Ayo kita mulai segala sesuatu dari diri kita sendiri dan hal-hal kecil yang bisa kita lakukan akan berdampak besar untuk kedepannya. Tetap semangat dan salam sehat di masa pandemi Covid-19. Semoga ketika membaca artikel ini selanjutnya kita bisa memanajemen waktu dengan sangat baik. God bless you all!❤

Thank you!❤

BAGIKAN

TERHUBUNG DENGAN KAMI

ALAMAT SEKRETARIAT

Jl. Marakas No.5, Titi Rantai, Kota Medan, Sumatera Utara, 20157


© UKM KMK USU - All Rights Reserved